Honda Motor Company memutuskan untuk mengakhiri kontrak mesinnya di F1 dengan tim Jordan pada akhir 2002 untuk fokus kepada British American Racing.
Hal ini sudah diperkirakan sebelumnya, apalagi Jordan sudah memiliki beberapa mitra mesin cadangan sepanjang 2002 ini.
Dilansir dari crash.net, diketahui bahwa tim tersebut akan menggunakan mesin Ford-Cosworth untuk musim 2003 mendatang.
Niki Lauda, kepala tim Jaguar F1 yang juga mengawasi operasi bisnis Cosworth, mengonfirmasi bahwa Jordan sudah tertarik untuk menggunakan mesin CR3.
Meski begitu, Jordan harus mengupayakan kesepakatan jangka panjang untuk bisa menggunakan mesin pabrikan, dengan kerjasama tersebut akan diresmikan sebelum GP Hungaria 2002.
Nantinya, Jordan akan membawa label Ford (bukan Cosworth), yang membuat tim asal Irlandia tersebut akan bersaing secara langsung dengan Jaguar sebagai tim resmi Ford.
Takeo Fukui, Senior Managing Director Honda Motor Company, berterimakasih atas kerjasama yang terjalin selama 2 musim terakhir.
"Kami akan berusaha memberikan yang terbaik di beberapa balapan terakhir musim 2002 ini," ujar Fukui.
Hasil terbaik dalam kerjasama keduanya adalah finis keempat yang diraih sebanyak 3 kali pada musim 2001.
Heinz-Harald Frentzen memperolehnya dalam GP Malaysia 2001, sementara Jarno Trulli meraihnya 2 kali pada GP Spanyol 2001 dan GP Amerika Serikat 2001.
"Kami mengharapkan yang terbaik untuk Jordan Grand Prix di masa depan,'' lanjutnya.
Kepergian Honda dari Jordan mungkin saja akan berdampak terhadap nasib Takuma Sato, yang menjalani debutnya di F1 pada musim 2002 ini.***
Sumber diterjemahkan dari: https://www.crash.net/f1/news/43201/1/honda-exit-pushes-jordan-closer-to-ford
Tidak ada komentar:
Posting Komentar