Kamis, 18 Januari 2024

Penampilan KTM di MotoGP Tahun 2005 Bersama Proton KR

Proton Team KR dalam game MotoGP 06 (THQ/Climax)

KTM saat ini menjadi salah satu pabrikan yang diperhitungkan di MotoGP, dengan kesuksesannya dalam menyaingi Ducati selama beberapa tahun terakhir.

Impian mereka untuk sukses yang dibangun sejak masuk ke MotoGP pada 2017 pun perlahan-lahan mulai tercapai sejak 2020, dan mereka mulai menggeser pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha.

Namun, mereka sebenarnya telah memiliki kesempatan jauh sebelum itu, tepatnya pada tahun 2005.

Pada saat itu, KTM masih memfokuskan diri mereka di balapan kelas 125cc yang telah digeluti sejak 2003, dan 250cc yang baru dipersiapkan di tahun 2005.

Dilansir Crash.net, KTM diketahui menjalin hubungan dengan Team Roberts, yang saat itu masih menggunakan nama Proton KR.

Tim pimpinan pembalap legenda Kenny Roberts Sr. direncanakan akan melakukan tes dengan mesin KTM pasca balapan GP Portugal musim 2004.

Belakangan diketahui bahwa pengetesan mesin Proton Team KR-KTM ini ternyata sudah berlangsung pada akhir Agustus 2004 di sirkuit Brno.

Nobuatsu Aoki mengendarai motor hasil modifikasi sasis Proton KR yang dipadukan dengan mesin KTM V4.

Pengetesan ini sebagai upaya untuk memberikan penilaian terhadap performa mesin yang akan digunakan untuk MotoGP musim 2005 mendatang.

Proton KR saat itu berharap supaya mesin V4 buatan KTM bisa kompetitif, setelah menghadapi banyak masalah dalam memperoleh tenaga dari mesin V5 buatan mereka sendiri.

Mesin V4 buatan KTM sendiri awalnya diperuntukkan untuk proyek MotoGP yang pada akhirnya dibatalkan karena mereka ingin fokus kepada tim 125cc dan bisnis motor off-road.

Faktanya, mereka tetap melanjutkan pengembangan mesin dan berhasil menemukan mitra yaitu Proton KR.

Disinyalir bahwa mesin V4 KTM saat itu dapat memperoleh tenaga layaknya pabrikan Yamaha dan Honda yaitu mencapai 230 HP, berbeda dengan mesin V5 Proton KR yang hanya memperoleh 185 HP.

Kerjasama antara kedua belah pihak pun resmi terjalin pada 2005, dengan Shane Byrne dipilih sebagai pembalapnya.

Sayangnya, kerjasama keduanya hanya bertahan selama 10 balapan di musim 2005, dengan GP Jerman sebagai balapan terakhir mereka.

KTM memutuskan berhenti memberi dukungan dan Shane Byrne tidak bisa melanjutkan perannya di Proton KR, dikarenakan terikat kontrak dengan pabrikan asal Austria tersebut.

Proton KR kembali menggunakan mesin KR5 yang digunakan di tahun 2003-2004, dengan Jeremy McWilliams turun di GP Ceko dan Kurtis Roberts di GP Valencia.

Satu-satunya poin yang dicetak oleh Proton KR-KTM adalah kala Shane Byrne sukses finis ke-15 dalam balapan GP Amerika Serikat di Laguna Seca.***

Sumber:

  • https://www.crash.net/motogp/news/74400/1/proton-kr-to-test-ktm-in-september
  • https://www.crash.net/motogp/news/74575/1/team-kr-admits-secret-ktm-test
  • https://www.crash.net/motogp/news/74623/1/roberts-wont-rule-out-racing-ktm-engine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar