Motor balap Proton KR KTM di tahun 2005 (Motogp.com) |
Kerjasama yang dibangun sejak akhir 2004 tersebut harus berakhir begitu saja terhitung sejak GP Jerman.
Dilansir Crash.net pada 12 Agustus 2005, KTM resmi tidak lagi menjadi penyuplai mesin untuk Proton KR.
Mereka pada awalnya memiliki tujuan untuk menjadi tim pabrikan sepenuhnya dengan mesin mereka sendiri.
Namun, mengingat kesempatan masih sangat terbatas, mereka pun memutuskan untuk menjalin kemitraan dengan tim yang dipimpin oleh Kenny Roberts Sr. tersebut.
Dengan kemampuan dana yang terbatas, tim harus mencari dana tambahan berupa sponsor untuk proyek tersebut.
Menyadari bahwa hal tersebut tidak mudah, KTM mengaku telah menyiapkan tambahan yang melebihi biaya pasokan mesin.
Caranya adalah dengan mengontrak pembalap asal Inggris yaitu Shane Byrne dan penggunaan ban Michelin.
Namun, mereka hanya mampu untuk membayar 3 hal tersebut dan tidak bisa menambah yang lain.
Mundurnya KTM juga berdasar kepada pertimbangan tentang dampak investasi jangka pendek untuk pengembangan lanjutan motor 990cc yang akan dihentikan pada akhir musim 2006 mendatang.
Mengingat MotoGP akan beralih ke mesin 800cc mulai 2007, mereka ingin lebih fokus ke proyek di kelas 125cc dan 250cc.
Peraturan baru tersebut juga menjadi pertimbangan mereka untuk melakukan penilaian lebih lanjut terkait keterlibatan di kejuaraan yang sesuai dengan merek tersebut.
Proton KR yang menggunakan mesin KTM pada musim 2005 hanya mencetak 1 poin pada GP Amerika Serikat.
Mereka sempat mengembangkan mesin V5 buatan sendiri pada 2003 dan 2004, sebelum beralih dengan mencari dukungan pabrikan yang bermanfaat untuk menghadapi kekuatan pabrikan Jepang di era 4 tak.
Tim sempat melanjutkan balapan berikutnya yaitu GP Ceko, dengan menggunakan jasa dari Jeremy McWilliams.
McWilliams sendiri membela Proton KR pada 2002 dan 2003, dan ia dipilih untuk menggantikan Byrne yang tidak bisa membalap karena terikat kontrak dengan KTM.
KTM sempat membawa mesin mereka menjelang GP Ceko dan itu sempat menjadi sebuah harapan bagi Byrne untuk bisa ikut balapan.
Namun, mereka kemudian memutuskan bahwa Proton KR tidak bisa menggunakan mesin tersebut dan tim harus memakai kembali mesin V5 yang lama.
Masalah tersebut juga membuat Proton KR tidak bisa berkompetisi sejak GP Jepang hingga GP Turki.
Tim baru kembali di seri terakhir yaitu GP Valencia, dengan menggunakan jasa Kurtis Roberts.***
Sumber:
- https://www.crash.net/motogp/news/76307/1/ktm-quits-team-roberts
- https://www.crash.net/motogp/news/76413/1/pictures-ktm-withdraw
Tidak ada komentar:
Posting Komentar