Pegawai Convenience Store Lawson di Indonesia (Lawson Station Indonesia) |
Masyarakat tentunya tidak asing dengan nama Lawson, sebuah convenience store asal Jepang yang cukup menjadi andalan di Indonesia.
Berbeda dengan minimarket biasa, Lawson memberikan sensasi lain dengan menggabungkan belanja kebutuhan sehari-hari dengan kegiatan bersantai.
Pengunjung dapat menikmati sajian makanan dan minuman khas Jepang yang tentunya sangat menggugah selera.
Belum lagi beberapa fasilitas-fasilitas lainnya yang membuat pengunjung merasa nyaman dan bisa mendapatkan pelayanan berkualitas.
Semua hal tersebut sejalan dengan filosofi perusahaan, visi, hingga kode etik yang disebut sebagai Lawson's Way.
Dilansir dari situs resminya, Lawson memiliki filosofi yaitu menciptakan kebahagiaan dan keharmonisan yang terjalin di masyarakat.
Mereka ingin masyarakat merasakan kebahagiaan dan kenyamanan dalam berbelanja beragam kebutuhan serta mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang bersaing.
Visi dari perusahaan adalah ingin mencapai sesuatu yang diinginkan, sebagai bagian yang dapat membantu dalam mewujudkan filosofi perusahaan.
Mereka memiliki visi yaitu menjadi pusat dari keserasian di masyarakat, dimana dengan produk berkualitas dan pelayanan terbaik, maka pengunjung bisa percaya dengan merek Lawson untuk menjadi andalan di masyarakat.
Untuk menghubungkan filosofi dan visi yang diinginkan, Lawson memiliki kode etik yang bertujuan dalam membentuk cara perusahaan dalam melayani masyarakat.
Kode etik tersebut diberi nama Lawson's Way, yang terdiri dari 5 aspek berikut ini:
1. Menghadirkan gerai yang penuh dengan senyuman
Dalam hal ini, Lawson berupaya membuka gerai mereka di tempat-tempat yang terjangkau dan dekat dengan masyarakat. Para pegawai pun dilatih untuk memberikan pelayanan terbaik, dan selalu memberikan senyuman sebagai tanda apresiasi dan keramahan terhadap pelanggan.
2. Menuangkan ide untuk mengambil tindakan
Untuk membuat sebuah perusahaan bisa terus berkembang dan maju, perlu ada ide-ide menarik dan baru sebagai cara dalam menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman yang terus berubah. Lawson sangat terbuka terhadap segala ide dari berbagai lapisan masyarakat hingga pegawai, dimana setiap ide dapat dituangkan untuk dijadikan suatu tindakan yang dapat meningkatkan kualitas gerai, pelayanan, hingga perusahaan itu sendiri.
3. Menikmati tantangan
Sebuah perusahaan tentu saja menjalani berbagai perjalanan hingga tantangan yang harus dihadapi. Baik perusahaan maupun pegawai itu sendiri harus menikmati segala tantangan yang ada dengan cara terbaik, supaya bisa bertahan dalam persaingan masa kini yang semakin ketat. Jangan anggap tantangan sebagai sebuah beban, melainkan sebagai sesuatu yang harus dinikmati dan disukai.
4. Menghargai sesama untuk menjadi satu
Perusahaan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dan menghargai orang-orang yang terlibat di dalamnya. Dalam hal ini, perusahaan harus menghargai jasa pegawainya yang telah berjuang keras untuk memperoleh hasil terbaik. Selain itu, pegawai juga harus menghargai masyarakat dengan cara menerima kritik dan saran yang diberikan terhadap pelayanan hingga sistem penjualan produk.
5. Melakukan tindakan baik
Untuk membuat perusahaan terus bertumbuh, perlu adanya tindakan baik yang dilakukan oleh semua pihak. Perusahaan perlu memberi penghargaan hingga tunjangan kepada pegawai dan memberikan produk yang berkualitas tinggi. Pegawai harus berkomitmen untuk melayani pelanggan setulus hati serta menerima segala masukan. Pelanggan juga harus terlibat dalam memberi masukan serta turut memajukan perusahaan sebagai bagian dari kehidupan masyarakat.
Dengan segala hal tersebut, Lawson berupaya untuk menjadi pemain terdepan dalam bidang convenience store yang dekat dengan masyarakat.
Mereka berharap untuk selalu memberikan produk berkualitas dengan harga bersaing, pelayanan terbaik dari gerai, hingga menciptakan kebahagiaan di masyarakat.
Dengan itu, masyarakat bisa semakin percaya dengan kemampuan dan keahlian Lawson dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.***
Sumber: https://www.lawson.jp/en/about/mission/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar