HARIANHALUAN.COM – Sekarang ini semakin marak konten-konten di sosial media, mulai dari konten viral hingga konten kreatif.
Konten-konten yang berbentuk artikel ini menjadi sumber untuk para pembaca untuk mengetahui informasi terkini yang sedang ramai dibicarakan.
Pembahasan mengenai konten ini menjadi bagian dari pelatihan konten kreator Haluan dan Hops yang berlangsung mulai tanggal 13-18 Maret 2023.
Pelatihan hari keempat yang berlangsung pada Kamis, 16 Maret 2023 ini membahas tentang konten viral dan konten kreatif.
Ayunda Lintang, sebagai pemateri, menjelaskan kepada peserta tentang dasar-dasar dan cara pembuatan konten-konten tersebut.
Konten viral sendiri membahas tentang hal-hal yang sedang viral dan seringkali dibicarakan oleh masyarakat belakangan ini.
Dalam penyampaian kontennya, isu yang akan diangkat harus memiliki atensi dari publik untuk menjamin bahwa isu tersebut memang viral.
Untuk meningkatkan rasa penasaran bagi para pembaca, penulis perlu memberikan sikap skeptisisme atau rasa curiga maupun ragu kepada pembaca terhadap isu yang disampaikan.
Tahapan-tahapan yang harus dilakukan ketika menulis konten viral adalah harus ada hal yang viral, memeriksa skala viralitas dan mampu menceritakan dengan jelas konten yang viral tersebut.
Penulis harus mengetahui sumber dari hal-hal yang viral tersebut seperti media sosial yang digunakan dan akun yang memviralkan kejadian tersebut.
Konten kreatif sendiri merupakan turunan dari konten viral, yang mana membahas mengenai dampak yang terdapat pada isu tersebut.
Pembuatan konten kreatif dilakukan dengan mencari tahu tentang isu yang sedang viral dan mengikutinya hingga selesai.
Setelah itu, dilanjutkan dengan melakukan pengembangan konten dengan mengambil sudut tertentu dari isu yang sedang ramai tersebut.
Tahapan-tahapan dalam membuat konten kreatif yaitu membuat prolog pada paragraf 1-5, lalu memberi informasi penting di paragraf 6-20 dan mengakhirinya dengan informasi tambahan di paragraf 20-25.
Pada umumnya, konten kreatif yang sering ditampilkan di situs-situs berita online mengandung sekitar 3-5 halaman.
Bagian awal dari konten diisi oleh uraian pendek yang menjelaskan sekilas tentang isu yang viral dan harus dipastikan pembaca bisa tertarik saat melihatnya.
Inti dari berita ditempatkan di tengah, dimana menjelaskan tentang isu yang akan dibahas beserta dampaknya.
Bagian akhir pada berita menjelaskan tentang informasi tambahan, dan bisa saja sedikit mengulang apa yang sudah disampaikan di awal.
Adanya konten kreatif sangat penting untuk meningkatkan traffic dan memanfaatkan keyword yang sedang viral.
Konten kreatif juga memberikan sudut pandang lain dalam menggambarkan isu, yang mana bisa menambahkan keterangan dari pihak yang bersangkutan.
Setelah menyampaikan materi, Ayunda kemudian memeriksa dan memberi penilaian dan koreksi terhadap tugas dari beberapa peserta.***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar