(Artikel ini ditulis untuk memenuhi tugas Pelatihan Content Creator Haluan dan Hops.)
HARIANHALUAN.COM – Pelatihan untuk konten kreator baru di Harian Haluan dan Hops kembali dilangsungkan pada 13-18 Maret 2023.
Pada pelatihan hari kedua ini, para peserta membahas mengenai strategi Search Engine Optimization (SEO) dalam penulisan dan penerbitan konten artikel di internet.
Materi ini disampaikan oleh Adithya Nurcahyo, yang menjelaskan tentang dasar-dasar dari SEO hingga penggunaan keyword pada judul maupun artikel supaya bisa diterima oleh mesin pencari.
Ia menjelaskan bahwa terdapat perbedaan antara media cetak dengan media online, dimana media cetak menghitung keuntungan berdasarkan hasil penjualan eksemplar sementara media online bergantung kepada traffic dan SEO.
Pentingnya memahami SEO adalah untuk bisa mengoptimalkan konten supaya tersedia di mesin pencari dan mereka yang berselancar di internet mampu menemukan konten yang menarik.
Supaya artikel dapat dioptimisasi oleh SEO, maka seorang penulis artikel perlu menggunakan keyword yang tepat dan umum digunakan.
Ia lalu menjelaskan bahwa dalam penggunaan keyword, terdapat dua jenis yang digunakan, yaitu short tail keyword dan long tail keyword.
Short tail keyword berarti penggunaan satu sampai dengan tiga kata yang bisa memberikan traffic dan persaingan tinggi, namun kurang menghasilkan purchase intent karena pembahasannya terlalu luas, seperti ‘orang kaya’.
Long tail keyword berarti penggunaan tiga kata atau lebih yang memberikan traffic dan persaingan yang rendah, namun menghasilkan purchase intent yang tinggi dikarenakan pembahasannya yang spesifik atas hal tertentu, contohnya adalah ‘daftar orang kaya di tahun 2023’.
Ia lalu menjelaskan bahwa untuk bisa membuat keyword yang digunakan bisa diterima oleh SEO, penulis artikel perlu memasukkan keyword yang mereka gunakan pada judul artikel dan tiga paragraf awal.
Selanjutnya dijelaskan pula tentang macam-macam SEO pada artikel, yaitu SEO Friendly, Human Friendly, Evergreen, dan Trending.
SEO Friendly artinya adalah konten yang ditulis mengikuti SEO sehingga mudah ditemukan namun belum menjamin artikel tersebut berkualitas.
Human Friendly artinya adalah konten yang ditulis dengan tanpa mengikuti SEO yang bisa menyebabkan artikel sulit ditemukan oleh mesin pencari, namun isinya bisa jadi berkualitas.
Evergreen artinya adalah konten sepanjang masa yang masih relevan dari dulu hingga sekarang, dan sangat umum digunakan untuk mendatangkan traffic.
Trending artinya adalah konten yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat saat ini, biasanya mendatangkan traffic ketika sedang heboh, tetapi mulai dilupakan dan ditinggalkan ketika tren tersebut telah usai.
Pelatihan mengenai strategi SEO ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta dan diharapkan menciptakan konten kreator baru untuk berkarya baik di Haluan maupun Hops.***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar