Selasa, 09 Mei 2023

Mengenang Hayate Racing, Tim Satelit Kawasaki di MotoGP Musim 2009

Potret pembalap dan teknisi Hayate Racing. (sumber: Corsedimoto)

Kawasaki menjadi salah satu pabrikan yang pernah ikut berkompetisi pada ajang MotoGP mulai dari musim 2002 hingga 2009.

Mengawali dengan wild card yang dilakukan oleh Akira Yanagawa pada musim 2002, Kawasaki resmi turun di MotoGP mulai musim 2003.

Podium perdana diraih oleh Shinya Nakano yang finis ketiga di MotoGP Jepang 2004, diikuti Olivier Jacque yang finis kedua di MotoGP Tiongkok 2004, lalu Nakano kembali meraih finis kedua pada MotoGP Belanda 2006 dan terakhir Randy de Puniet mempersembahkannya dengan finis kedua dalam MotoGP Jepang 2007.

Sayangnya, perjalanan Kawasaki di MotoGP tampak tidak mulus dan sulit sekali untuk bisa bersaing dengan pabrikan-pabrikan Jepang lainnya. Bahkan, mereka pun dikalahkan oleh Ducati, yang berhasil meraih gelar juara dunia perdananya lewat Casey Stoner pada tahun 2007. Padahal, Ducati sendiri baru masuk pada tahun 2003.

Setelah hasil yang sangat mengecewakan dalam perjalanan MotoGP musim 2008 dan krisis ekonomi global yang melanda di tahun yang sama, Kawasaki mempertimbangkan ulang keinginan mereka untuk bertahan di MotoGP.

Pada akhirnya, Kawasaki pun tetap mengikuti MotoGP musim 2009, namun mereka melakukannya sebagai tim satelit bernama Hayate Racing.

Hayate Racing menjadi tim khusus yang dibuat Kawasaki untuk mengarungi MotoGP di musim tersebut, dan mereka melakukannya tanpa dukungan penuh langsung dari pihak Kawasaki di Jepang.

Jika dilihat dari disain motor dan coraknya, bisa tergambar bagaimana Hayate Racing begitu irit dan memiliki sponsor yang sedikit. Hanya warna dominan hitam yang menghiasi motor tersebut.

Hayate Racing merekrut Marco Melandri untuk menjadi pembalap di tim tersebut, dikarenakan pengalamannya yang cukup mumpuni setelah beberapa musim di MotoGP.

Melandri memang cukup meraih sukses bersama Gresini Racing Honda pada musim 2005 dan 2006, namun ia mengalami kehancuran kala bergabung bersama Ducati pada musim 2008. Dengan bergabung ke Hayate Racing, ia berharap bisa kembali ke performa terbaiknya.

Bagaimana hasilnya? Seperti halnya ketika tim masih bernama Kawasaki Racing Team MotoGP, Hayate Racing pun juga hasilnya pas-pasan. Tidak terlalu buruk tapi juga tidak bagus.

Melandri berhasil meraih satu podium yang ia dapatkan di MotoGP Prancis 2009 dan bertengger di posisi 10 klasemen dengan 108 poin.

Namun, hasil tersebut tentu tidak membuat Kawasaki bisa puas dan melihat bahwa biaya untuk berkompetisi di MotoGP semakin mahal, Kawasaki memutuskan untuk mengundurkan diri dan tidak pernah kembali lagi ke MotoGP sampai kini.

Melihat mundurnya Suzuki pada akhir musim 2022 lalu, banyak penggemar berharap supaya Kawasaki mau kembali dan berkompetisi lagi di MotoGP.

Sayangnya, Kawasaki pun menolak hal tersebut dan mereka mengaku lebih suka untuk menikmati kesuksesan yang mereka raih di World Superbike bersama Jonathan Rea.

Hayate Racing sendiri lalu berubah nama menjadi Forward Racing, yang hingga kini masih berkompetisi dalam ajang balap Moto2.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar